Tips Jitu yang Terbukti Terampuh Mengatasi Sakit Gigi


apakah pernah anda memerhatikan gigi orang penggemar kopi dengan orang yang tidak minum kopi? apakah berbeda? para penggemar kopi yang selalu minum kopi di pagi hari, anda mungkin harus hati-hati sebab kopi mungkin bisa memengaruhi kesehatan gigi anda. ya, ternyata ada efek kopi pada gigi, loh. 


Apa saja efek kopi pada gigi?

bikeinginannya yang anda tahu mengenai efek kopi pada gigi ialah terkait perubahan warna gigi. namun, lebih dari itu ternyata efek kopi juga bisa terkait dengan kesehatan gigi. berikut ini merupakan beberapa efek pada gigi hasil terlalu tak jarang minum kopi.

1. Perubahan Warna Gigi

efek kopi pada gigi tak jarang ditemukan dalam bentuk perubahan warna pada gigi anda. jika anda penggemar kopi, warna gigi anda mungkin akan berbeda dengan orang yang tidak suka minum kopi. dilansir dari healthline, victoria veystman, dari new york city’s cosmetic dental studios, menterangkan bahwa senyawa tanin yang terdapat dalam kopi tampaknya bertanggung jawab pada perubahan warna gigi anda.

tanin merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat pecah dalam air. tanin ini menyebabkan senyawa warna dalam kopi lebih beliah menempel di gigi anda. senyawa warna ini kemudian terus menetap di gigi anda sehingga mengubah warna gigi anda. gigi anda berubah warna menjadi lebih kuning dibandingkan dengan gigi orang yang tidak suka minum kopi.

selain tanin, senyawa lain dalam kopi yang membuat perubahan warna gigi beliah terjadi ialah keinginanm. keinginanm dalam kopi dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lunak dan kkeinginanr, sehingga noda lebih beliah menempel dan mengubah warna gigi anda.

2. Kerusakan Enamel Gigi

enamel atau email gigi merupakan lapisan terluar gigi. lapisan ini menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat. jika lapisan enamel terkikis, maka gigi anda akan beliah untuk mengalami kerusakan. gigi anda bisa berlubang atau menjadi lebih sensitif ketika kerusakan gigi sudah hingga bagian dalam. nah, salah satu hal yang bisa mengikis lapisan enamel gigi dan membuat gigi rusak ialah kafein yang ada dalam kopi anda. mengurangi jumlah konsumsi kopi anda per hari dapat membantu melindungi enamel gigi anda dari kerusakan.

3. Gigi Gemeretak

asupan kafein dalam jumlah banyak dapat menunjukkan efek stres dan ketidakbisaan untuk tidur nyenyak pada malam hari. hal ini dapat membuat anda menggeretakkan gigi anda ketika tidur di malam hari. gigi gemeretak dapat menyebabkan nyeri rahang dan sakit pada gigi anda.

untuk menghindari gigi gemeretak ketika tidur, sebaiknya anda tidak minum kopi dalam waktu empat jam sebelum tidur. anda juga bisa membatasi konsumsi kopi anda per hari untuk mengurangi tingkat stres dan sulit tidur di malam hari.

bagaimana cara mencegah kerusakan gigi hasil kopi?
jangan khawatir, kerusakan gigi hasil kopi bisa dicegah dengan beberapa cara. bagaimana caranya?

anda bisa minum kopi dengan sedotan agar meminimalkan kontak antar gigi dan kopi.
batasi juga penggunaan krimer dan gula sebab ini dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang menempel pada gigi.
makan buah, mirip stroberi dan lemon, setelah minum kopi. buah ini mengandung serat alami yang dapat membantu membersihkan gigi.
jangan lupa untuk menyikat gigi anda setelah selesai minum kopi.
juga, lsayakan pembersihan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Jitu yang Terbukti Terampuh Mengatasi Sakit Gigi"

Posting Komentar